Peran teknologi dalam dunia perbankan sangatlah mutlak, dimana kemajuan sistem perbankan sudah tantu di topang oleh peran tekhnologi informasi. Semakin berkembang dan kompleksnya fasilitas yang diterapkan perbankan untuk memudahkan pelayanan. Apalagi untuk saat ini, khususnya dalam dunia perbankan hampir semua produk yang ditawarkan kepada customers serupa, sehingga persaingan yang terjadi dalam dunia perbankan adalah bagaimana memberikan produk yang serba mudah dan cepat.
Dewasa ini terdapat dua jenis teknologi yang terasa mewarnai kehidupan bisnis, yaitu TI dan perancangan kembali rekayasa ulang (business process reengineerin, BBP). Termonologi dalam TI menyangkut penggabungan teknologi computer, telekomunikasi dan otomasi kantor. Asumsinya bank-bank yang belum mampu menyatukan ketiga teknologi tersebut dalam manajemennya tidak mampu mengeksploitasi secara optimal kemampuan yang muncul. Karena perkembangan strategi ketiganya atau istilahnya berada pada Island of technology (pulau-pulau teknologi) cepat atau lambat akan kalah bersaing dengan industri sejenis atau substitusinya.
Membangun perangkat TI di industri perbankan yang mampu memenuhi kebutuhan internal dan eksternal tidaklah gampang, ada 5 elemen penting dalam pengembangan TI yaitu :
1. Ketersediaan dana yang cukup
2. Strategi yang tepat
3. Proses
4. Perangkat TI
5. Sumber Daya Manusia (SDM)
Gambar. Penggunaan Tekhnologi Informasi dalam Perbankan
Jakarta (Suara Karya) : Bank Indonesia dalam waktu dekat akan meluncurkan konsep perbankan tanpa kantor atau ‘branchless bank’ yang diharapkan bisa meningkatkan akses masyarakat terhadap sektor keuangan dalam hal ini perbankan.
Hal ini akan berdampak positif terhadap perekonomian Indonesia, mengingat salah satu elemen penting dalam pertumbuhan ekonomi adalah kontribusi dari sektor keuangan. Konsep branchless banking menjadi salah satu solusi untuk menjangkau masyarakat yang tinggal didaerah yang terpencil, karena dengan branchless banking (BB) distribusi untuk memberikan jasa keuangan bisa dilakukan tanpa mengandalkan keberadaan kantor cabang bank. Salah satu aspeknya adalah pemanfaatan informasi, komunikasi dan tekhnologi, yakni penggunaan telepon seluler(mobile banking), point of sale berupa alat gesek kartu yang terhubung dengan terminal atau menggunakan GPRS dan lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar